Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja Di Balige, Wisata Sejarah Yang Tidak Boleh Dilewatkan

- March 10, 2019 - -

Taman makam pahlawan Sisingamangaraja di Balige menjadi salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, sebelum pulang dari liburan di Kota Balige. Ini adalah tempat yang sangat sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi Anda pecinta wisata sejarah. Oleh karena itu, jangan sampai Anda pulang dari Balige, sebelum mampir ke makam pahlawan Sisingamangaraja.

Selain untuk menyaksikan keunikan dan kemegahan makam Sisingamangaraja, mengunjungi lokasi ini juga bisa menjadi salah satu bukti dari rasa cinta kita terhadap pahlawan nasional, yaitu Raja Sisingamangaraja XII.

Di kompleks ini Anda juga bisa melihat perpustakaan, pondok kecil, makam putra dan putri Sisingamangaraja, lengkap dengan pemandangan asri disekelilingnya. Langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai taman makam pahlawan Sisingamangaraja di Balige berikut ini.

Biografi Singkat Raja Sisingamangaraja XII

Sisingamangaraja XII adalah raja di negeri Toba, yang lahir pada tanggal 18 Februari 1845 di Bakkara. Beliau merupakan salah satu pahlawan nasional yang berperang melawan pemerintah kolonial Belanda. Julukan Sisingamangaraja XII yang cukup populer adalah Patuan Bosar Ompu Pulo Batu.  Pada tahun 1876, Sisingamangaraja XII naik tahta menggantikan ayahnya Sisingamangaraja XI.

Bersama rakyat Tapanuli, Sisingamangaraja XII melancarkan serangan kepada pos pasukan Belanda yang berada di Bahal Batu, tidak jauh dari Tarutung. Pergerakan ini dilakukan pada 19 Februari 1878, dengan kekalahan pasukan Sisingamangara XII dan terpaksa harus mundur dari medan pertempuran.

Walaupun demikian, pasukan Sisingamangaraja XII tetap gigih melawan pasukan Belanda. Ini juga berlaku bagi pihak Belanda yang semakin gencar memburu Sisingamangaraja XII. Bahkan pihak Belanda sampai membakar desa-desa, yang berakibat meluasnya pertempuran sampai berbagai daerah.

Sesudah 30 tahun lamanya berperang, pada tanggal 17 Juni 1907 pasukan Sisingamangaraja berhasil dikepung oleh pihak Belanda. Didalam perlawanan ini, Sisingamangaraja XII tewas bersama satu putri dan dua putranya, dengan beberapa panglima perang. Beliau meninggal pada usia 62 tahun.

Lokasi Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII

Jl. Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Sebenarnya, Sisingamangaraja XII sejak awal dimakamkan di Kota Tarutung, bukannya di Balige. Namun, setelah mendapatkan usulan dan inisiatif dari Presiden Soekarno, akhirnya makam beliau dipindahkan ke Balige.

Pemindahan ini tentu bukan tanpa alasan, karena sudah melalui beberapa pertimbangan. Alasan pertama, karena Balige menjadi tempat pertama terjadinya peperangan antara pasukan Sisingamangaraja XII dan pihak kolonial Belanda.

Selain itu, Soekarno juga berpendapat apabila makam di Tarutung tidak cocok bagi seorang pahlawan besar seperti Sisingamangaraja. Karena makam tersebut diciptakan oleh pihak Belanda yang menjadikan Sisingamangaraja XII sebagai seorang tawanan.

Dengan pertimbangan itulah, makam Sisingamangaraja XII akhirnya ditempatkan ke Balige.

Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja Di Balige

Begitu tiba di kompleks Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII, Anda akan langsung disambut oleh udara sejuk dan nuansa yang terlihat begitu asri. Ini karena disekelilingnya ditumbuhi pohon-pohon rindang, sehingga membuat lokasinya terasa nyaman dan teduh.

Sebelum masuk ke area makam, pengunjung akan melalui sebuah pondok kecil atau gapura kecil yang beratapkan rumah adat Batak. Baru setelah itu, kita bisa melihat kemegahan makam Sisingamangaraja XII.

Pengunjung juga bisa melihat-lihat museum sekaligus perpustakaan Sisingamangaraja. Bangunannya didesain sedemikian rupa dengan gaya arsitektur khas Batak Toba, lengkap dengan ukiran gorga. Di perpustakaan itu Anda bisa membaca banyak sekali biografi Sisingamangaraja XII.

Bagaimana, apakah Anda juga tertarik ingin mengunjungi taman makam pahlawan Sisingamangaraja XII? Kalau begitu, liburan nanti silahkan ajak teman, pasangan atau keluarga ke Balige. Ada banyak sekali lho tempat wisata di Balige yang menarik untuk dikunjungi.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!