Sapo Juma Tongging, Taman Indah Menghadap Surga Dunia

- January 10, 2019 - No comments -
Credit to Original Uploader

Sapo Juma Tongging kini jadi salah satu destinasi favorit para pelancong di Sumatera Utara. Tak heran sih karena jalan ke Sapo Juma Tongging ini memberikan pengalaman luar biasa! Sebab, hamparan bunga yang berpadu dengan pemandangan surga dunia Danau Toba berpadu jadi satu.

Kebayang tidak?

Berada di kawasan strategis karena dekat dengan Air Terjun Sipiso-piso, Sapo Juma harus masuk list kamu.

Vila yang Dikelilingi Taman Bunga bak Surgawi

Sebenarnya Sapo Juma Tongging ini adalah kawasan vila. Hamparan bunga yang ada di sana berada di halaman vila tersebut. Namun, pada perjalanannya, banyak orang yang sekadar pengin menikmati taman bunga tersebut dibandingkan vila.

Bunga-bunga yang ditanam di halaman vila tersebut juga sangat dirawat. Terlihat sekali hamparan bunga yang berwarna-warni itu melambai-lambai segar. Beragam jenis bunga bisa kamu temukan di sana.

Tidak perlu khawatir pula bila ingin berkeliling taman bunga ini. Sebab, pengelola Sapo Juma Tongging udah menyedikan jalan setapak buat para pejalan kaki. Dengan demikian, kamu gak perlu takut dan dihimbau untuk tidak menginjak tanaman-tanaman yang ada di sana.

Sembari memandangi taman bunga, kamu bisa berjalan ke bagian agak ujung taman tersebut. Di sana, kamu bisa menikmati landscape Danau Toba, lho! Bahkan, kamu bisa dirikan tenda di sana bila pengin menikmati suasana danau lebih lama.

Tidak hanya itu aja, di beberapa spot taman bunga tersebut juga terdapat beberapa bangunan kecil. Beberapa di antaranya adalah bangunan mirip rumah Batak versi mini, kemudian ada pula gazebo putih terbuka bergaya Eropa yang cocok sebagai tempat berfoto.

Butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk berkeliling taman bunga satu ini. Oleh karena itu, siapkan tenaga kamu agar tidak melewatikan spot-spot menarik yang di sana. Sayang sekali ‘kan kalau kamu tidak menikmati berbagai warna bunga plus pemandangan indah di sana.

Mulai kelaparan? Kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa bertandang ke kafe yang ada di kawasan tersebut. Kafe di Sapo Juma Tongging tersebut bahkan menyediakan beragam makanan yang berasal dari bahan-bahan organik. Duh, jadi makin suka deh sama obyek wisata Sumut satu ini!

Biaya Berkunjung ke Sapo Juma Tongging

Kalau kamu sekadar ingin menikmati hamparan bunga di Sapo Juma saja maka kamu cukup bayar parkir dan bayar tiket masuk sekitar Rp 10 ribuan. Setelahnya, kamu bebas deh untuk eksplorasi taman bunga seluas lebih dari satu hektare tersebut.

Sementara itu, kalau kamu mau menginap di vila Sapo Juma Tongging, kamu bisa tanyakan ke pihak pengelola. Yang pasti, biasanya menginap di sana tidak begitu mahal. Bolehlah untuk menikmati weekend atau saat berlibur ke Sumatera Utara. Biar lebih puas menikmati suasana Sapo Juma.

Oh ya, fasilitas di Sapo Juma sangat lengkap. Terdapat toilet, mushola, dan tentu aja seperti yang udah disebutkan ada kafe dan lainnya. Jadi, saat di sana, kamu dan rekan perjalanan kamu tidak perlu khawatir mengenai keperluan kamu di sana.

Rute Jalan ke Sapo Juma Tongging yang Butuh Perjuangan

Sayangnya, jalan ke Sapo Juma Tongging masih butuh perjuangan. Sebab, jalanan ke area wisata tersebut terbilang masih kurang mulus.

Jalur ke Sapo Juma adalah melewati Siantar – Merek. Dari situ, kamu bisa pilih ke arah Sipiso-piso. Akan tetapi, kamu harus belok ke kanan karena jalur kiri merupakan jalan ke Sipiso-piso. Selanjutnya ada tiga jalur untuk sampai ke Sapo Juma.

Jalur pertama kamu bakal melewati gerbang retribusi. Setelahnya kamu bakal temukan tiga simpang yang mana kamu pilih ke kanan. Jalanan lewat rute ini cukup rusak. Atau, kamu bisa pilih jalur kedua melewati Bukit Gajah Bobok. Selain itu, terdapat jalur ketiga yang biasanya diarahkan oleh Google Maps yaitu jalan lintas Merek-Sidikalang.

Meskipun mencapai daerah ini cukup sulit namun bakal terbayarkan dengan indahnya taman bunga bagai surga ini. Jadi, jangan ragu memasukkan kebun bunga Sapo Juma Tongging dalam daftar destinasi wisata kamu saat di Sumatera Utara!


Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!