Lembah Bakkara – Tanah Kelahiran Sisingamangaraja Yang Indah Dan Menawan

- February 11, 2019 - No comments -
gambar dari tgifmag.com

Bakkara adalah sebuah lembah indah dan menawan yang terletak di sebelah barat daya Danau Toba. Diapit oleh dua bukit hijau di sebelah kanan dan kirinya, membuat perkampungan di lembah Bakkara benar-benar menyejukkan mata.

Jika Kamu sedang berkunjung ke Sumut dan bingung memilih tempat wisata di Sumatera Utara, maka silahkan mampir ke lembah Bakkara sebagai tujuan liburan Kamu.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, lembah Bakkara juga kental akan nilai- nilai sejarah dan budaya. Sebab, Bakkara merupakan tanah kelahiran Sisingamangaraja. Kamu pasti pernah dong mendengar nama Sisingamangaraja?

Selain populer di Indonesia sebagai salah satu pahlawan nasional, Sisingamangaraja bahkan dikenal baik oleh dunia.

Sisingamangaraja adalah raja dari orang Batak. Beliau membebaskan orang dari pasungan, menegakkan HAM dan memberikan pengampunan kepada setiap orang yang bertobat dari kesalahan.

Pada ulasan kali ini saya ingin memberitahukan kepada Kamu semua tentang apa saja yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Bakkara. Bagaimana, apakah Kamu penasaran? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Akses Jalan Menuju ke Lembah Bakkara:

Ada dua pilihan yang bisa Kamu tempuh untuk sampai di lokasi lembah Bakkara. Perjalanan ini dimulai dari Kota Medan, kemudian masuk melalui Siborong-borong dan dilanjut menuju ke Kecamatan Muara. Apabila Kamu memilih jalur Sidikalang, maka Kamu akan masuk melewati Doloksanggul yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Saat melewati jalur Sidikalang, Kamu akan dihadapkan pada jalan berliku yang berada di pinggiran tebing menjulang tinggi.

Walaupun agak gemetar, namun hamparan megah nan indah Danau Toba lengkap dengan Pulau Samosir, yang terlihat dari kejauhan membuat perjalanan Kamu kali ini terasa sangat menyenangkan.

Lokasi Lembah Bakkara:

Lembah Bakkara berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Provinsi Utara.

Keindahan Alam dan Situs Budaya Yang Ada Di Bakkara

Begitu tiba di lembah Bakkara, wisatawan langsung disambut oleh hamparan pemkamungan hijau yang menyejukkan mata. Lembah indah ini juga dikenal dengan sebutan Aek Sipangolu. Dalam bahasa Indonesia, kalimat ini berarti air yang menghidupkan. Konon, mata air itu dibuat oleh Raja Sisingamangaraja I.

Dikisahkan, Sisingangamangaraja I berhenti di Aek Sipangolu dikarenakan gajahnya merasa kehausan. Kemudian sang raja berdoa kepada Mulajadi Na Bolon. Ia pun menancapkan tongkat saktinya di sebuah batu.

Tidak lama kemudian, menyemburlah air dari batu itu dan menjadi sebuah mata air. Air yang berasal dari mata air ini diyakini bisa menyembuhkan segala macam penyakit, sehingga ia dijuluki sebagai air kehidupan.

Wajar saja, jika banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung ke Aek Sipangolu menyempatkan untuk mandi dan tidak lupa membawa pulang airnya. Kamu juga jangan sampai melewatkan kesempatan ini, cobalah merasakan sendiri kesejukan air di Aek Sipangolu.

Liburan Kamu di lembah Bakkara masih belum berakhir, karena Air Terjun Janji sudah menunggu kedatangan Kamu. Air terjun ini mudah sekali diakses dan menawarkan keindahan yang mampu menyejukkan mata setiap wisatawan.

Lepaskan penat dan segala macam pikiran Kamu di Air Terjun Janji, karena dentuman suara air dan pemkamungan asri di sekelilingnya benar-benar sangat menenangkan hati dan pikiran. Jangan lupa, ajak keluarga dan teman-teman Kamu berfoto-foto ria di Air Terjun Jani.

Sebagai tempat kelahiran Sisingamangaraja, lembah Bakkara tidak lupa menawarkan wisata sejarah.

Selain kisah raja-raja zaman dahulu, lokasi ini juga masih menyimpan kisah letusan Gunung Toba yang maha dahsyat jutaan tahun lalu.

Sehingga, di area persawahan lembah Bakkara Kamu akan melihat bebatuan besar yang seolah-olah berserakan tidak beraturan. Bebatuan besar itu sudah berusia 2 juta tahun.

Setelah puas jalan-jalan di lembah Bakkara, tujuan selanjutnya adalah Istana Raja Sisingamangaraja.

Lokasinya berada di Desa Lumban Raja, Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja. Disana wisatawan bisa melihat makam Raja Sisingamangaraja X dan makam-makam lain yang bentuknya lebih sederhana.

Di kompleks Istana Raja Sisingamangaraja juga terdapat Batu Diungkap-ungkap, Bale Pasogit, Sopo Bolon, Ruma Bolon, Ruma Parsaktian, dan pemandian yang airnya bersumber dari mata air Siunong-Unong Julu.

Jangan buru-buru pulang meninggalkan Kecamatan Baktiraja, silahkan mampir dulu ke Tombak Sulu-Sulu. Ini adalah sebuah gua batu yang dipercaya oleh Batak (Toba) sebagai tempat kelahiran Sisingamangaraja. Berkunjung ke situs budaya ini pasti terasa sangat menyenangkan, karena lokasinya berada di atas bukit dan dikelilingi oleh hamparan persawahan.

Di sekitar lembah Bakkara juga sudah tersedia banyak penginapan. Tidak ada salahnya untuk menginap disini selama beberapa hari. Hadiah spesial yang bisa Kamu dapatkan di pagi hari adalah sunrise diantara dua bukit dan danau toba. Indah sekali.

Bagaimana, kapan Kamu mengajak keluarga untuk liburan di lembah Bakkara? Kesunyian dan kealamian diloaksi ini siap memanjakan liburan Kamu.

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!