Taman Wisata Iman Sitinjo – Lokasi Yang Memiliki 5 Tempat Ibadah Agama Di Indonesia

- February 18, 2019 - No comments -

Taman Wisata Iman atau TWI adalah salah satu tempat wisata di Sidikalang yang menarik untuk dikunjungi. Sebab, destinasi kali ini bukannya menawarkan spot foto selfie dengan background panorama alam yang eksotis, melainkan bernuansa religi.

Disini wisatawan bisa melihat berbagai macam tempat ibadah setiap agama yang diakui di Indonesia. Mulai dari Islam, Kristen, Budha dan Hindu. TWI memiliki luas sekitar 130.000 meter per segi atau 10 hektar. Wow, sangat luas sekali bukan?

Lokasinya yang dikelilingi oleh perbukitan dan hutan pinus, menjadi tempat yang cocok dijadikan pelarian setelah satu pekan berkutat dengan rutinitas sehari-hari yang jenuh dan melelahkan.

image from tourtoba.com

Bagi Anda yang penasaran dengan fasilitas, lokasi, harga tiket masuk dan sejarah berdirinya taman wisata iman Sidikalang, maka silahkan baca ulasan ini sampai habis.

Latar Belakang Taman Wisata Iman

Pada tahun 2001, Dr Master Parulian Tumanggor ( Bupati Dairi kala itu ) membuat rancangan sebuah lokasi yang didalamnya memiliki wisata rohani dan fasilitas ibadah lima agama di Indonesia.

Gagasan ini akhirnya dimusyawarahkan bersama masyarakat Kabupaten Dairi dan semua tokoh- tokoh agama. Hasil dari musyawarah itu adalah menetapkan Perbukitan Sitinjo sebagai lokasi pembangungan Taman Wisata Iman.

Pada tanggal 20 Agustus 2005, Prof. Dr. H. Said Agil Al-Munawar, Menteri Agama Republik Indonesia, meletakkan batu pertama TWI ( Taman Wisata Iman ).

Lokasi Taman Wisata Iman

Perbukitan Sitinjo, Desa Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.
Dari Sidikalang, jaraknya adalah 10 kilometer. Sementara itu, dari Kota Medan jaraknya sekitar 154 kilometer.

Fasilitas dan Keseruan Liburan Di Taman Wisata Iman

TWI dikelilingi oleh hutan pinus yang membuat udaranya sangatlah sejuk menyegarkan. Objek wisata ini mempunyai luas mencapai 130.000 meter per segi. Kira-kira, ada apa saja sih di TWI?

Karena TWI adalah salah satu destinasi wisata religi, tentu saja didalamnya terdapat berbagai macam bangunan simbol dari masing-masing agama di Indonesia.


Vihara Saddhavana – image from disparbuddairi.com

Tidak perlu bingung, karena Anda bisa memulai perjalanan Anda dengan melihat bangunan masjid yang dilengkapi dengan lapangan manasik haji. Disana Anda bisa melihat miniatur kabah, tempat sa’i dan melempar jumroh.

Ketika waktu sholat sudah tiba, Anda bisa sholat di masjid ini.
Setelah puas melihat-lihat, silahkan lanjutkan perjalanan Anda menuju ke Bahtera Nabi Nuh As. Bangunan ini terlihat begitu megah dan cukup besar, dengan hiasan patung menjulang tinggi.

Karena ini adalah momen langka, jadi jangan sampai lupa mengabadikan momen langka ini ya. Replika Bahtera Nabi Nuh As ini berlokasi tepat dibawah Pura seperti yang ada di Pulau Bali.

Bangunan-bangunan lain yang bisa Anda eksplorasi selama berada di
TWI ini adalah patung tidak terawat, miniatur salib golgola, gereja, perjalanan salib, taman firdaus, Vihara Saddhavana dan Pura Umat Hindu.

Setiap bangunan menyimpan cerita sendiri-sendiri yang menarik untuk disimak. Spot foto selfie yang ditawarkan juga tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jangan buru-buru pulang terlebih dahulu, karena di beberapa titik
TWI ada toko-toko souvenir khas Sumatera Utara dan Dairi. Silahkan pilih-pilih sebagai cinderamata untuk kerabat Anda di rumah.

Tertarik untuk liburan di TWI Sidikalang? Rencanakan liburan Anda nanti terbang ke Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk Ke Taman Wisata Iman

Anak-anak: Rp. 5.000 / orang
Dewasa: Rp. 10.000 / orang
Biaya parkir roda 2: Rp. 2.000 / orang
Biaya parkir roda 4: Rp. 5.000 / orang
Biaya parkir roda 6: Rp. 7.000 / orang

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!