Salib Kasih Tarutung Yang Bernuansa Rohani

- March 21, 2019 - No comments -

Salib Kasih Tarutung sendiri adalah salah satu icon kota Tarutung. Wisata rohani bagus ini ada di Desa Situngkir, Simorangkir Julu, Kota Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia.

salib kasih tarutung
image dari wikipedia.com

Salib Kasih sendiri adalah satu monumen berbentuk salib dengan ukuran yang besar serta menjulang tinggi. Memiliki bentuk pun seperti bentuk salib umumnya. Salib Kasih dibuat pada Oktober 1933 serta ditujukan untuk kembali kenang layanan dari misionaris Kristen asal Jerman yakni Ingwer Ludwig Nommensen.

Saat sebarkan agama Kristen di Tapanuli , Nommensen berkali kali akan dibunuh oleh penduduk pribumi dari sana akan tetapi tetap tidak berhasil. Usaha Nommensen juga tidak sia sia sebab banyak penduduk lokal pada akhirnya memeluk agama Kristen serta tinggalkan keyakinan lama mereka yakni animism.

Di tempat Salib Kasih ada patung IL Nommensen berwarna putih. Disini pertama-tama Nommensen berkhotbah serta ia menghadap mengarah Rura Silindung di bawah ia. Diluar itu, di tempat Salib Kasih ada beberapa ruang ruangan kecil spesial untuk berdoa umat Kristen. Di ruang doa itu ada gambar Yesus Kristus dan sebuah Alkitab.

Di ruang kita dapat berdoa sepuasnya dengan situasi yang damai. Di tempat Salib Kasih ada tempat duduk serta pondok pondok yang terbuat dari keramik. Dari sinilah kita bisa senang lihat keindahan panorama Kota Tarutung dari ketinggian. Susana sekitaran Salib Kasih pun sejuk serta masih tetap asri. Banyak pohon pinus yang melingkari tempat Salib Kasih jadikan hawa di sekelilingnya masih tetap fresh serta alami. Banyak pula ada patung patung ciri khas Kristen serta nisan yang dapat jadikan untuk spot berfoto ria.

Tidak hanya tempat berdoa serta wisata rohani, Salib Kasih pun dipercaya menjadi rumah dari Sombaon. Sombaon sendiri dipercayai oleh penduduk Batak menjadi roh alam dengan posisi paling tinggi. Sombaon diakui yang memberi nasib jelek serta nasib baik buat penduduk ditempat.

Oleh karenanya, Sombaon termasuk juga salah satunya yang ditakuti. Tidak butuh bingung jika Sombaon dipuji puja dalam tempat ini. Kadang pun penduduk memberi sesajen untuk Sombaon supaya memberi keberuntungan buat penduduk dari sana.

Bila kalian berkunjung ke Tarutung, sangat tidak senang jika tidak berkunjung ke Salib Kasih. Sebab tidak hanya berwisata jasmani, di Salib Kasih kita dapat juga memperdalam iman kita. Dalam tempat sehari-hari Minggunya diselenggarakan beribadah. Tempat ini akan begitu ramai dikunjungin mendekati Natal serta Tahun Baru.

Buat kalian yang ingin tinggalkan kenang masa lalu di Salib Kasih, kalian bisa menulis nama kalian di nisan nisan yang berada di sini. Dari nisan nisan yang ada, menunjukkan jika pengunjung di sini tidak cuma orang Sumatera saja, ada pula orang di luar Sumatera seperti Jawa serta Papua. Turis asing pun seringkali berkunjung ke tempat ini untuk berdoa atau sebatas berfoto.

Sebelum ke arah tempat Salib Kasih yang ada di atas bukit, pengunjung bisa berburu serta belanja souvenir ciri khas Salib Kasih yang ada dibawah yakni di Pasar Wisata. Banyak souvenir serta cendramata yang di jual di tempat ini dari mulai jaket, kaos, gelang, kalung, syal dan lain-lain. Keunikan nya tiap-tiap souvenir tentu ada tulisan Salib Kasih Tarutung.

Ke arah tempat Salib Kasih di puncak bukit, pengunjung akan menaikin beberapa ribu anak tangga. Ada dua jalan yang disiapkan yakni jalan untuk orangtua serta jalan untuk orang muda. Saat perjalanan ke arah tempat, kalian akan melalui pohon pohon pinus yang teduh. Kalian akan melalui papan tulisan 10 Perintah Tuhan yang dipasang di pohon pohon pinus itu. Tidak hanya 10 Peintah Tuhan, banyak pula ayat ayat alkitab yang akan kalian lalui sebelum sampai Salib Kasih. Bila kalian capek, kalian dapat juga beristirahat sesaat di bangku bangku yang berada di perjalanan ke arah puncak.

Untuk tempat parkir kendaraan, kalian tidak butuh kawatir. Tempat parkir yang luas untuk kendaraan roda dua serta empat telah disediakan di sini. Masuk lokasi Salib Kasih, kalian akan dikenai cost 4.000 rupiah saja per orangnya. Sebab keindahan serta nuansa religinya, Salib Kasih juga jadi tempat wisata favorit yang berada di Sumatera Utara.

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!