Gua Liang Dahar Nan Eksotis Penuh Sejarah

- March 26, 2019 - No comments -
Gua Liang Dahar
image from triptrus.com

Gua Liang Dahar Karo– Bicara mengenai tempat wisata di Tanah Karo akan tidak ada habisnya, dari mulai Wisata Budaya (Culture Tourism), Agrowisata s/d Wisata Penjelajahan (Adventure Tourism). Kesempatan ini teman dekat generasi muda karo kreatif akan kita bawa serta ke salah satunya tempat wisata yang ada di samping timur dari Kabupaten karo, tepatya ada di Desa Lau Buluh.

Didesa kecil yang terdapat di kaki bukit ini ada salah satunya hadiah Tuhan yang spesial buat Kabupaten Karo, penduduk ditempat mengatakan Gua Liang Dahar, gua ini terdapat diantara perladangan masyarakat Desa Lau Buluh.

Sebelum Masuk Jalan Rabat Beton Ke arah Goa Liang Dahar kita bias melihat kekuatan serta keindahan salah satunya hasil arsitektur rumah Kebiasaan Karo.

gua liang dahar
image from karoduniamaya.com

Sebelum masuk jalan rabat beton yang disebut hanya satu akses jalan kesana, jadi kita akan di sambut dengan kekhasan rumah kebiasaan karo yang masih tetap berdiri kuat cocok di samping kiri jalan berbatu ke arah tempat gua, atap dari ijuk pohon aren serta rumah yang terbuat dari kayu pilihan dan tiang panggung rumah yang berdiri kuat mengisyaratkan rumah itu masih tetap di jagalah serta terbangun oleh masyarakat dari sana.

Selama perjalan dari desa ke tempat tempat wisata itu, kita akan di manjakan dengan panorama alam nan indah, untuk ke arah gua kita mesti berjalan dari tepi tebing terjal jalan beton yang disebut jalan satu-satuanya ke tempat gua.

Seperti seperti gardu pandanga, dari jalan naik serta berlekuk itu kita dapat memerhatikan indahnya hamparan perladangan masyarakat yang ada disana, kadang-kadang sapa ramah masyarakat membuat nyaman terlalu lama disana.

Selama Perjalan kita akan di seduhkan dengan panorama bebatuan yang menancap kuat di tengah-tenagh perladangan Untuk sampai ke tempat gua kita dapat mengendarai sepeda motor melewati jalan berbatu serta jalan cor beton, buat yang belumlah terlatih atau baru pertama-tama kesana mesti masih waspada meningkatkan sepeda motornya, karena di samping kiri jalan ada jurang yang menganga lebar.

Sebelum masuk tempat gua kita dapat nikmati pemandanga batu gamping tertancap kuat mencakar bumi berantakan di perladangan masyarakat, bukan sekedar itu saja, tiupan angin sejuk menghampas dedaunan mengiramakan alunan suara kedamaian.

Waktu ada di muka goa jadi mulut goa seolah-olah siap-siap menelan kita, diameter mulut goa cukup besar serta terlihat stalagmit kuat tergantung di mulut goa membuat panorama awal goa ini berasa eksotis.

Gua Liang Dahar
image from triptrus.com

Nada hentakan langkah kaki berjalan mendekati mulut gua akan membangunkan beberapa ribu kelelawar hitam penghuni gua, nada hening serta nada tetesan air dari perut gua yang terdengan awal mulanya akan di ubah dengan teriakan sura binatang malam kalilawar ini terbang lalulalang di langit-langit gua, membuat perasaan ingin tahu untuk selalu menelusuri masuk dalam perut bumi dari terowongan gua.

Panorama di Goa “ Sebetulnya Gua Liang Dahar di Lau Buluh di susun oleh Batu Gamping atau Limestone. Gua ini tercipta dengan alamiah oleh proses pelarutan material gampingnya oleh air dalam tempo yang lama. Dalam proses pelarutan ini akan membuat sungai-sungai dibawah tanah.

Batu gamping ini awalannya datang dari tertumbu karang yang tercipta di laut yang lalu terangkat keatas oleh proses tektonik dinamika bumi serta membuat perbukitan seperti yang kita simak saat ini. Proses ini di prediksikan pada jaman Tersier taraf waktu Geologi” jelas Bapak Gagarin Sembiring yang disebut Pakar Geologi.

Dari pembicaraan masyarakat, gua ini mempunyai kedalaman sekita 200 mtr. dibawah tanah serta di basic gua ada saluran air yang selalu mengalir meskipun waktu musim kemarau menempa

Gua Liang Dahar ini memiliki 3 (Tiga) ruangan besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² serta 300 m², dan ruangan ukuran kecil lainnya yang pantas untuk di susuri buat kamu yang mempunyai jiwa petualang.

Keindahan stalagmit, stalakti serta stalagmit gua liang dahar ini tidak bisa di ragukan kembali, bila masuk selalu ke, menelusuri gua, kita dapat nikmati keindahan stalagmit yang serupa seperti pohon beringin melekat kuat di antara bebatuan gamping di langit-langit serta lantai gua.

Gua Liang Dahar
Stalaktit yang terdapat didalam gua – pintaram.com

Waktu ada di dasar gua, tidak jauh dari saluran sungai yang ada di kedalaman 200 M ini, kita dapat memerhatikan beberapa binatang penghuni gua, melekat pada dinding serta lantai gua, ada yang berupa seperti jangkerik serta seperti laba-laba, meningkatkan kelebihan gua ini.
Stalakti Goa liang dahar

Di pojok lainnya di gua, kita dapat juga lihat kilauwan sinar seperti berlian yang terpancar keluar dari bebatuan waktu terserang cayaha senter atau penerangan lainnya yang kita bawa serta, benar-benar satu keberuntungan dapat nikmati jengkal untuk jengkal ke unikan serta kelebihan hasil karya Tuhan yang prima ini.

Buat kamu yang ingin tahu serta ingin meghabiskan waktu libur kesana, kamu bisa menaiki bus Selamat Jalan dari Kota Kabanjahe ke desa Lau Buluh, waktu tempuhnya seputar 2 jam, jika kamu dari kota sejuk Bersatagi jaraknya seputar 40 Km ke arah tempat.

Buat yang ingin memakai layanan pemandu atau guide ada juga beberapa Mahasiswa Karo yang terhimpun dalam Kumunitas Penggemar Alam Panda Adventure yang siap mengikuti perjalan kamu menelusuri goa ini. Selamat bertandang serta selamat berwisata ke desa Lau Buluh Kecamatan Kuta Buluh Kab. Karo. SHARES Sharing Pin it Tweet

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!