Makanan Halal Nan Nikmat Asal Tanah Batak Ini Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung Ke Danau Toba

- October 22, 2016 - No comments - ,

Tak semua makanan khas batak itu mengandung Babi,banyak makanan khas batak sama sekali tak menggunakan Babi dalam resepnya.

Bagi anda pelancong yang suka berpetualang kedaerah-daerah tertentu di Indonesia yang kebetulan daerah tersebut mengkomsumsi RW (babi), sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mencari tahu makanan halal yang dijual didaerah tersebut sebagai bahan referensi.

Sebagai contohToba Samosir, sebagian besar warga Toba Samosir adalah penganut Kristen yang memungkinkan mereka mengkomsumsi makanan berbahan hewani babi. Namun, jangan kawatir, anda yang ingin menikmati keindahan danau toba tanpa terganggu dengan makanan tidak halal, berikut beberapa jenis makanan yang bisa anda komsumsi tanpa ragu terkominasi dengan bahan-bahan makanan non-halal.

  • Ikan teri Medan

Siapa yang tidak mengakui kenikmatan ikan teri medan, selain mengandung zat besi yang bermanfaat bagi tubuh manusia, juga rasanya yang enak dan cocok untuk segala usia. Ikan teri biasanya dimasak dengan sambal balado, digoreng kering polos, atau dicampur dengan kacang tanah atau bisa juga dimasak pakai santan dan daun singkong, dimakan dengan nasi hangat ditepi danau toba pastilah nikmat tiada terkira.

  • Mie Gomak – Spageti Khas Batak

Mie Gomak atau mie hudon adalah makanan khas tapanuli yang sudah tersebar ke beberapa daerah di Sumuatera Utara. Disebut mie gomak karena cara penyajiannya di gomak-gomak atau digemgam pakai tangan – walau dimakan pakai sendok juga pada akhirnya. Mie ini juga dikenal dengan Spaggethi khas batak karena bentuk mienya besar menyerupai spaghetti. Mie gomak setelah direbus dicampur dengan kuah yang terdiri dari santan yang dicampur dengan sayur sayuran dan rempah-rempah, sambal atau supaya lebih lezat disa ditambah dengan toucho terong hijau. Mie gobak bisa juga dikelola menjadi mie goreng yang lezat, akan sangan lezat jika dimakan dengan goreng pisang atau godok-godok.

  • Ikan Mas Arsik

Dikalangan masyarakat etnis batak, ikan mas arsik adalah makanan yang wajib dimakan dalam acara-acara pernikahan, kelahiran yang biasa disajikan keluarga perempuan, ikan mas adalah symbol karunia dalam kehidupan masyarakat orang batak.

Ikan mas arsik banyak dijumpai di lapo (kedai toba), Ikan mas arsik dimasak tanpa menggunakan minyak goreng, ikan mas direbus dengan bumbu yang terdiri dari rempah-rempah dan bumbu khas toba (andaliman) yang sudah dihaluskan, ditambah dengan rias dan asem glugur sebagai bumbu wajib menjadikan hidangan ini sangat lezat. Ikan mas danau toba sangat enak dan manis, karena ikan mas tersebut dibudidayakan langsung di air tawar danau toba. Jarang masakan khas batak menggunakan penyedap karena bahan-bahan makanan di toba seperti ikan mas, mujahir sudah lezat dan gurih. Makanan ini wajib dicoba tanpa kawatir tidak halal.

Anda juga akan menemukan sajian ikan mas bakar dengan bumbu pedas yang menggoda – biasa disebut ikan tobbur.

  • Ikan Mujahir dan Ikan Lele

Tidak ada yang tidak mengenal ikan mujahir – akan tetapi ikan mujahir khas toba berbeda dengan ikan mujahir di daerah lain. Ikan mujahir khas toba biasanya gemuk dan besar, dagingnyapun manis dan legit karena dibudidayakan di air tawar danau toba yang rasa airnya juga enak. Sebagaian masyarakat toba hanya akan membeli mujahir yang masih hidup sehingga rasanya enak.

Ikan Mujahir disajikan dengan berbagai macam olahah seperti diarsik, dibakar dan di rebus (sop ikan). Halal? Tentu saja

Ikan Lele juga banyak ditemui dilapo di samosir dengan berbagai macam olahan tentu dengan rasa yang manis dan lezat.

  • Daun singkong tumbuk

Hampir semua lapo toba menyajikan sayur singkong yang ditumbuk halus kemudian dimasak dengan santan, cabe rawit hijau, bawang merah dan bawang putih. Disantap dengan lauk lainnya akan lengkap dengan sayur singkong.

  • Mie Goreng dan Nasi Goreng

Dibeberapa restoran di toba samosir – mie goreng and nasi goreng juga disajikan.

Makanan Dan Minuman Ringan yang pasti halal

  • Kacang Sihobung yang renyah.
  • Kue Ketawa
  • Kue Putar-putar
  • Lappet
  • Obbus – obbus
  • Mangga khas toba – Mangga toba sangat manis dan mungil. Tidak perlu dikupas langsung makan dengan kulitnya – sedap.
    Dan masih banyak lagi makanan ringan dengan harga yang terjangkau dan HALAL.
  • Kopi Khas Batak

Jangan lupa untuk mencicipi kopi Sidikalang yang nikmat dengan aroma menggoda.

Catatan untuk para pelancong, saat ini pemerintahan toba samosir sedang giat-giatnya mempromosikan wisata danau toba dan tempat-tempat lainya di Samosir sehingga hotel-hotel serta restoran khas makanan melayu juga bertebaran di pinggir danau toba.

Tentu ini sangat menguntungkan bagi para wisatawan. ~ vebma.com

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!