Sejarah Singkat Kota Balige, Pusat Pemerintahan Dan Tempat Berkumpulnya Raja Batak

- April 3, 2019 - 1 Comment -

Balige adalah sebuah kota kecil yang berada di pesisir Danau Toba. Balige merupakan ibukota Kabupaten Toba Samosir yang menyimpan sejarah panjang perkembangan Tanah Batak dari zaman dahulu sampai sekarang.

Kota balige
image from kumanmu.com

Jadi jangan heran, apabila di Kota Balige Anda bisa menemukan banyak
sekali monumen-monumen bersejarah. Dimulai dari masa kerajaan Batak Kuno yang berpusat didaerah Bakkara, penjajahan kolonial Belanda, dilanjutkan pada masa kemerdekaan dan terus berlanjut sampai saat ini.

image from jurnalasia.com

Semua rekam jejak tersebut masih tersimpan baik di Balige. Inilah alasan mengapa Balige cocok sekali dijadikan kota kunjungan wisata sejarah.
Balige juga menjadi daerah terjadinya perang Batak yang dipimpin langsung oleh Raja Sisingamangaraja.

Dikisahkan, raja-raja Batak sering menjadikan Balige sebagai tempat berkumpul. Pada saat itu, Tapanuli adalah kawasan pertama yang menjadi pusat perkembangan industri sehingga berkembang sangat pesat. Sejak dahulu Balige adalah kawasan yang cukup terkenal dan dikagumi, karena terlihat bersih dan rapi.

Lokasinya yang berada di dekat Danau Toba, ternyata membawa keberuntungan tersendiri bagi masyarakat Balige. Dengan sumber air yang melimpah dan tanah subur, memberikan kesempatan besar bagi masyarakat sekitar untuk menanam padi.

image from tampahan-online.blogspot.com

Sehingga tidak mengherankan, apabila sudah sejak lama Balige dikenal sebagai salah satu lumbung pagi yang ada di Kabupaten Tobasa.
Pusatnya Politik Dan Perdagangan Pada Zaman Dinasti Bakkara

Jika sekarang Anda melihat Balige sebagai salah satu kota wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah, maka berbeda dengan zaman dahulu. Lokasinya yang strategis, menjadikan Balige adalah pusat perdagangan bagi para pedagang.

Dimulai dari dermaga Balige sampai dengan lapangan Sisingamangaraja, merupakan bursa dagang tradisional. Ada banyak sekali dagangan yang bisa ditemukan, baik itu cabe sampai kerbau. Jumat menjadi hari pekan terbesar di kota ini. Sehingga, memang sudah sejak dahulu Kota Balige selalu ramai dikunjungi.

Selain menjadi pusat perdagangan, yang menjadi lokasi keluar masuk pedagang dari berbagai daerah, Balige juga menjadi pusat politik di jamannya. Yaitu pada masa kerajaan Batak Kuno, lebih tepatnya dinasti kerajaan Bakkara.

Kota balige
image from infopublik.id

Hal itu ditandai dengan pembangungan Onan Balige atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Balaiurang Balige. Ini menandakan jika Balige adalah pusat politik dan pemerintahan raja Sisingamangaraja.

Bukti lainnya adalah makam pahlawan nasional Sisingamangaraja yang dibangun di pagar Batu Balige. Ternyata, Balige menyimpan sejarah yang sangat panjang ya?

Peran Kota Balige Setelah Runtuhnya Dinasti Sisingamangaraja Dan Setelah Masa Kemerdekaan

Begitu dinasti Sisingamangaraja runtuh dan perang Tapanuli berakhir, kota Balige ditetapkan sebagai pusat administrasi Toba Holbung. Ini berdasarkan perintah dari gubernur jendral Belanda, ke rasidenan Barus.

Ditetapkannya Balige sebagai pusat administrasi, itu ditandai dengan berdirinya beberapa bangunan penting. Seperti asrama militer, gereja dan rumah sakit HKBP di pardede onan.

image from taufiksiahaan.blogspot.com

Setelah memasuki kemerdekaan, Balige tetap dikenal oleh masyarakat luas sebagai kampung halaman tokoh-tokoh revolusioner dan para pemimpin pergerakan nasional. Untuk mengenangnya, dibangunlah sebuah Monumen Pahlawan Revolusi Jendral D.I Panjaitan.

Masih ada banyak monumen-monumen lain yang bisa Anda temukan di Balige. Seperti Monumen Sibagort Ini Pohan, Sapala Tua di Tampubolon, Monumen Solak Malela, Monumen Raja Panjaitan dan Monumen Mulia Raja Napitupulu.

Balerong Balige Dan Objek Wisata Menarik Lainnya

Diatas kita sudah mengetahui sejarah singkat Kota Balige, sekarang mari kita menilik salah satu objek wisata sejarahnya, yaitu Balaiurang Balige. Bangunan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yang berisi ornamen gorga Batak dari berbagai wilayah Toba. Setiap bangunan di Balerong Balige mewakili ciri khas masing-masing daerah Tanah Batak Toba.

image from indonesiatouristnews.com

Sebagai salah satu kota wisata di Sumatera Utara, Balige menawarkan deretan pesona menarik bagi wisatawan. Seperti Air Terjun Siburuon, Bukit Tarabunga, Danau Toba, Pantai Lumban Bul-Bul, Museum T.B Center dan lain sebagainya. Kota Balige siap memanjakan libur akhir pekan Anda dan keluarga.

Kirim Komentar ya

Loading Facebook Comments ...

1 comment

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Dilarang copy tanpa izin!!!!